-->

Friday, May 3, 2019

YESUS ADALAH KRISTUS | Roma 5:12

YESUS ADALAH KRISTUS
Roma 5:12

Shalom, dalam kehidupan ini tidak memandang berapa usia seseorang, tentu ada masalah yang dihadapi. Tingkat kesulitan setiap masalah yang dihadapi adalah relatif karena diukur dari seseorang yang sedang menghadapi masalah itu sendiri. Masalah seorang anak biasanya adalah minta dibelikan mainan namun orang tua belum membelikannya. Masalah remaja biasanya adalah mengenai pergaulan. Masalah orang dewasa biasanya mengenai jodoh dan pekerjaan. Masalah orang yang sudah tua biasanya tentang penghidupannya. Orang kurang perhatian butuh diperhatikan, orang sakit butuh dokter, orang pengangguran membutuhkan pekerjaan. Semua hal-hal itu sesama manusia dapat menjadi jalan keluarnya dan solusinya. Namun ada 3 masalah mendasar manusia yang tidak dapat diselesaikan oleh siapun, bagaiamanapun, kapanpun dan apapun kecuali di dalam Yesus Kristus. Manusia adalah orang berdosa sekalipun belum melakukan dosa (Rm. 5:12). Berarti manusia memiliki 3 masalah yang harus diselesaikan, yaitu:

  1. Setan (Yoh. 8:44)

Yohanes 8:44 “Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.” Dari awal, Iblislah yang merusak dan menghancurkan hidup manusia. Menjadi kesenangannya apabila manusia gentar, tunduk di bawah otoritas dan intimidasinya. Dia sangat menikmati saat manusia masuk dalam jeratan dustanya dan menderita dalam hukuman akibat dosa.

  1. Dosa (Rm. 3:23)

Roma 3:23 “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,” Seperti semua manusia, keberadaan kita dahulu adalah keberadaan dosa, kita biasa berbuat dosa, kita dikuasai oleh dosa sehingga kita selalu berbuat dosa. Ukuran dosa itu ialah menurut standar Allah yang maha kudus. Semua manusia tidak memenuhi standar itu.

  1. Keterpisahan Manusia dengan Allah (Yes. 59:2)

Yesaya 59:2 “tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.” Dampak dari adanya dosa dalam hidup manusia adalah hubungan manusia dengan Allah menjadi terpisah atau terputus sebab dosa menjadi penghalang Allah membangun hubungan dengan manusia.

Dari ketiga poin masalah mendasar manusia, adanya setan berbicara kekuasaan sehingga diperlukan kuasa yang melebihi setan (Perlu Kuasa), dibutuhkannya Raja Sejati. Adanya dosa berbicara darah atau pengorbanan sehingga diperlukan darah yang harus dikorbankan (Perlu Darah), dibutuhkannya Imam Sejati. Adanya keterpisahan manusia dengan Allah berbicara tentang hubungan sehingga diperlukan jalan (Perlu Jalan), supaya manusia dapat kembali memiliki hubungan dengan Allah dibutuhkannya Nabi Sejati. Yesus adalah sebuah nama dan Kristus adalah sebuah gelar. Di dalam gelar Kristus terdapat kuasa, darah dan jalan, sebab Kristus: Raja sejati, Imam sejati dan Nabi sejati. 

Jadi, Yesus adalah Kristus yang adalah Injil. Maka, penyampaian Injil haruslah sampai kepada Yesus adalah Kristus yang merupakan Raja sejati, Imam sejati dan Nabi sejati yang mempuyai kuasa, darah dan jalan. Inilah yang hanya mampu menyelesaikan masalah mendasar manusia yaitu tentang setan, dosa dan keterpisahan manusia dengan Allah. Tuhan Yesus Memberkati, Amin!


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
MHS
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner