-->

Thursday, May 30, 2019

MENJADI KUAT DI DALAM KRISTUS | 2 Timotius 2:1-7

MENJADI KUAT DI DALAM KRISTUS
2 Timotius 2:1-7


Shalom, dunia yang kita hadapi ini makin hari makin susah dan berat, membuat banyak orang jadi stres dan putus asa. Menghadapi kondisi dunia ini banyak orang menggunakan berbagai cara, persiapan untuk mengantisipasi hari-hari yang sulit dimasa depan. Apa nasehat Tuhan bagi kita anak-anak-Nya? Ada 3 prinsip yang harus di taati, ketiga prinsip itu adalah menjadi:

1.      Prajurit

Seorang prajurit berjuang melaksanakan tugas dari komandannya tanpa memusingkan masalah diri sendiri, agar berkenan dihadapan komandannya. Kita harus selalu siap untuk berjuang, menderita dan patuh kepada komandan kita yaitu Tuhan Yesus. Kita harus sadar bahwa hidup di dunia ini ibarat berada di medan perang, kita harus terus berjuang mempertahankan iman dan berperang melawan kuasa-kuasa kegelapan (iblis).

2.      Olahragawan

Seorang olahragawan, bisa mencapai hasil yang baik kalau mau berlatih dengan disiplin dan memperhatikan aturan-aturan mainnya. Kita harus tekun berlatih dan taat kepada peraturan yang diberlakukan kepada setiap olahragawan saat mengikuti pertandingan, karena jika tidak bermain menurut aturan pertandingan maka kita akan didiskualifikasi. Begitu pula di dalam kekristenan, kita harus patuh kepada aturan yaitu firman Tuhan; selain itu kita harus terus mendisiplinkan diri untuk tetap fokus kepada tujuan akhir.

3.      Petani

Seorang petani haruslah mau bekerja keras, tekun dan sabar baru bisa mendapatkan hasil yang baik dan menikmatinya. Kita harus bekerja keras dan tiada kata ‘lelah’ sebab petani yang bekerja keraslah yang mendapat bagian dari hasil panennya, bukan petani yang malas. Di dalam amsalnya Salomo menulis, “Pada musim dingin si pemalas tidak membajak; jikalau ia mencari pada musim menuai, maka tidak ada apa-apa.” (Amsal 20:4). Seperti kita ketahui, seorang petani harus sabar menunggu hingga musim panen tiba sebelum menikmati hasil jerih payahnya, jadi tidak dalam semalam benih itu bisa dipanen. Kita harus belajar untuk tekun dan bekerja dan terus menabur dalam roh, karena pada saat yang tepat kita akan menuai hasilnya. Dalam proses menunggu itu kita harus tetap sabar dan jangan menjadi lemah!

Jadi, surat ini berbicara agar Timotius kuat lebih dulu oleh kasih karunia didalam Kristus Yesus, sehingga tahan menderita dalam memberitakan injil maupun menghadapi kondisi dunia yang akan datang, kita bisa menjadi kuat di dalam Kristus, ketika kita memahami bagaimana menjadi seperti prajurit, olahragawan, petani. Oleh sebab itu mari relakan diri kita dipersiapkan Tuhan seperti seorang prajurit, olahragawan dan petani sehingga kita siap menghadapi apapun dalam hidup ini. Tuhan Yesus Memberkati. Amin!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
MHS
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner